Dahlan Iskan Tak Sengaja Susun Novel Tidak Ada yang Tidak Bisa

Kamis, 26 Februari 2015 - 17:49 WIB
Dahlan Iskan Tak Sengaja...
Dahlan Iskan Tak Sengaja Susun Novel Tidak Ada yang Tidak Bisa
A A A
JAKARTA - Menulis mungkin telah menjadi keseharian seorang Dahlan Iskan. Mantan wartawan ini memang dikenal sangat suka menulis. Tapi untuk sebuah novel, ini sesuatu yang baru.

Ya, mantan Menteri BUMN ini telah merilis sebuah novel berjudul Tidak Ada yang Tidak Bisa. Menurut Dahlan, novel ini ditulisnya tanpa sengaja.

Semua berawal ketika Karmaka bersama anaknya Pramukti Surjaudaja mengunjungi dirinya yang ketika itu baru menjalani transplantasi hati di China. Ternyata menjalani transplantasi hati itu ternyata juga sempat dilalui Karmaka beberapa tahun sebelumnya.

"Saya sendiri nulis novel ini nggak sengaja. Saat itu saya baru saja menjalani operasi transplantasi. Saat itu pak Karmaka menjenguk saya di Surabaya. Ingetin saya supaya nggak sembrono lagi. Karena Pak Karmaka sudah mengalami kayak saya," ucap Dahlan.

Mendengar wejangan yang diberikan oleh sahabatnya itu, pria kelahiran 63 tahun tersebut mengaku tertarik untuk mengetahui kehidupan Karmaka lebih jauh. Pasalnya, Dahlan mengaku maerasa memiliki kesamaan nasib dengan Karmaka.

"Pas saya tanya kenapa, terus Pak Karmaka cerita sama saya cerita tentang kehidupannya. Dari ceritanya tersebut saya tertarik untuk membuat novel ini," jelas Dahlan.

Pria yang gemar menggunakan sepatu olahraga tersebut menjelaskan, cerita kehidupan Karmaka sangat menarik untuk ditulis. Tidak hanya menarik untuk ditulis, kisah kehidupan pengembang bank NISP tersebut pun difilmkan.

Proses pembuatan buku tersebut tidak berlangsung lama. Setelah kurang lebih satu tahun beredar di pasaran, buku tersebut dilirik untuk difimkan. Kisah Karmaka alias Kwee Thie Hoei ini diangkat ke dalam film berjudul Love & Faith.

"Saya seharusnya beristirahat saat masa pemulihan, tapi justru saya pergunakan untuk menulis buku. Menurut saya, cerita beliau sangat menarik untuk saya tulis. Ya, saya tentu waktu ditawarin buku itu akan difilmkan saya senang sekali. Saya merasa sangat puas," pungkas dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6475 seconds (0.1#10.140)